Informasi dan Tampilan Halaman Administrasi OpenSID

open sid

Halaman ini memberi penjelasan ringkas setiap modul di menu utama (sidebar), beserta tautan ke halaman petunjuk masing-masing modul.

Menu Admin OpenSID

Siaga Covid-19

Menu ini mengelompokkan modul terkait data Covid-19. Terdiri dari:

  • Pendataan, Mencatat pemudik yang tiba ke desa Saat Pandemi Covid-19. Panduannya ada di Siaga Covid-19.
  • Pemantauan,Mencatat data Pemantauan Isolasi Mandiri Saat Pandemi Covid-19.Panduannya ada di Siaga Covid-19.

Home

Menu ini adalah menampilkan dashboard tentang OpenSid yang terdiri dari :

  • Wilayah Dusun, Menampilkan total wilayah dusun.
  • Penduduk, Menampilkan total Jumlah Penduduk.
  • Keluarga, Menampilkan total Jumlah Kepala Keluarga.
  • Surat Tercetak, Menampilkan total Surat Tercetak.
  • Kelompok, Menampilkan total Kelompok.
  • Rumah Tangga, Menampilkan total daftar rumah tangga.
  • Bantuan, Menampilkan total penerima bantuan dan jenis bantuan.

Info Desa

Menu ini mengelompokkan modul terkait keterangan dasar desa. Terdiri dari:

  • Identitas Desa, untuk merekam data mengenai desa itu sendiri. Panduannya ada di Identitas Desa.
  • Wilayah Administratif, untuk merekam data wilayah dusun, RW dan RT yang ada di desa. Panduannya ada di Wilayah Administratif.
  • Pemerintahan Desa, untuk mencatat data mengenai Kepala Desa dan semua perangkat desa. Panduannya ada di Pemerintahan Desa.

[rb_related title=”You May Also Like” total=”2″]

Kependudukan

Menu ini mengelompokkan modul terkait data kependudukan. Terdiri dari:

  • Penduduk, untuk mengelola data penduduk desa. Panduannya ada di Penduduk.
  • Keluarga, untuk mengelola data keluarga, yang anggotanya adalah penduduk desa. Panduannya ada di Keluarga.
  • Rumah Tangga, untuk mengelola data pengelompokkan warga ke dalam Rumah Tangga sesuai kebutuhan pelaporan pada berbagai instansi. Panduannya ada di Rumah Tangga.
  • Kelompok, untuk mengelola data pengelompokkan warga ke dalam Kelompok kegiatan tertentu, sesuai pelaporan pada berbagai instansi. Panduannya ada di Kelompok.
  • Data Suplemen, untuk mengelola data tambahan sebagai atribut penduduk atau keluarga. Panduannya ada di Data Suplemen.
  • Calon Pemilih, untuk menampilkan daftar calon pemilih pada suatu tanggal pemilihan. Panduannya ada di Calon Pemilih.

Statistik

Menu ini mengelompokkan modul terkait penampilan dan pelaporan data statistik penduduk desa. Terdiri dari:

  • Statistik Kependudukan, untuk menampilkan berbagai laporan statistik kependudukan. Panduannya ada di Statistik Kependudukan.
  • Laporan Bulanan, untuk menampilkan laporan perubahan jumlah penduduk per bulan. Panduannya ada di Laporan Bulanan.
  • Laporan Kelompok Rentan, untuk menampilkan laporan warga yang dianggap rentan. Panduannya ada di Laporan Kelompok Rentan.

Sekretariat

Menu ini mengelompokkan modul yang merupakan bagian dari sekretariat kantor desa. Terdiri dari:

  • Surat Masuk, untuk mengelola surat masuk yang diterima kantor desa. Panduannya ada di Surat Masuk.
  • Surat Keluar, untuk mengelola surat keluaryang diterima kantor desa. Panduannya ada di Surat Keluar.
  • Produk Hukum, untuk mengelola dokumen produk hukum, termasuk Surat Keputusan Kepala Desa dan Peraturan Desa. Panduannya ada di Produk Hukum.
  • Informasi Publik, untuk mengelola dokumen Informasi Publik, Seperti Surat Keputusan Kepala Desa, Peraturan Desa dan produk hukum lainnya . Panduannya ada di Informasi Publik.
  • Inventaris, untuk mengelola Inventaris Desa sesuai Permendagri No. 4 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Kekayaan Desa dan Permendagri No. 17 Tahun 2007 tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Barang Milik Daerah. Panduannya ada di Inventaris.
  • Klasifikasi Surat, untuk mengelola klasifikasi surat dan kearsipan yang defaultnya sesuai dengan Permendagri No.78 tahun 2012. Panduannya ada di Klasifikasi Surat.

Layanan Surat

Menu ini mengelompokkan modul terkait layanan surat pada warga. Terdiri dari:

  • Pengaturan Surat, untuk mengatur daftar surat yang akan digunakan untuk layanan cetak surat. Panduannya ada di Pengaturan Surat.
  • Cetak Surat, di mana perangkat desa dapat membuat surat sesuai permintaan warga. Panduannya ada di Cetak Surat.
  • Arsip Layanan, untuk mengelola arsip surat yang telah dicetak. Panduannya ada di Arsip Layanan.
  • Panduan, berisi penjelasan singkat pengelolaan layanan surat bagi warga.
  • Daftar Persyaratan, Daftar Dokumen Persyaratan Surat yang digunakan untuk layanan surat mandiri. Panduannya ada di Daftar Persyaratan

Analisis

Modul Analisis digunakan untuk mengelola data survei dan himpunan data lainnya yang bersifat rumit dan bervariasi. Panduannya ada di Analisis.

Keuangan

Modul Keuangan adalah untuk menyediakan fitur transparansi keuangan. Data keuangan diimpor dari Siskeudes dan disediakan laporan yang bisa ditampilkan di website desa untuk memenuhi kewajiban transparansi.

Menu yang tersedia:

  • Impor Data, untuk mengimpor data Siskeudes. Panduannya ada di Import Data Siskeudes
  • Laporan, untuk menampilkan laporan dan grafik keuangan di komponan Administrasi. Panduannya ada di Laporan Keuangan.
  • Input Data, untuk menginput data Siskeudes secara manual.Panduannya ada di Input Data Siskeudes Manual.
  • Laporan Manual, untuk menampilkan laporan dan grafik keuangan di komponan Administrasi.Panduannya ada di Laporan Manual.

Bantuan

Modul Bantuan digunakan untuk mengelola program bantuan dari desa sendiri dan juga untuk mengelola peserta program bantuan dari instansi luar. Panduannya ada di Bantuan.

Pertanahan

Modul Pertanahan digunakan untuk mengelola kepemilikan dan pendayagunaan tanah di wilayah desa. Panduannya ada di Pertanahan.

Pemetaan

Menu ini mengelompokkan modul untuk menampilkan dan mengatur peta data desa, sebagai berikut:

  • Peta, untuk menampilkan berbagai unsur desa di peta. Panduannya ada di Peta.
  • Pengaturan Peta, untuk mengatur berbagai unsur desa untuk ditampilkan di peta. Panduannya ada di Pengaturan Peta.

SMS

Modul SMS digunakan untuk mengelola daftar kontak dan pengiriman SMS kepada daftar kontak. Panduannya ada di SMS.

  • SMS, untuk menulis pesan,melihat kotak masuk, pesan terkirim dan pesan tertunda.Panduannya ada di SMS.
  • Daftar Kontak, untuk melihat daftar kontak dan menambahkan kontak.Panduannya ada di Kontak SMS.
  • Pengaturan SMS, untuk mengelola autoreplay (pesan balan otomatis) kepada pengirim pesan.Panduannya ada di Pengaturan SMS.

Pengaturan

Menu ini mengelompokkan modul yang mengatur berbagai aspek aplikasi OpenSID. Terdiri dari:

  • Modul, untuk mengatur modul OpenSID yang diaktikan. Panduannya ada di Pengaturan Modul.
  • Aplikasi, untuk menyesuaikan berbagai fitur OpenSID menurut kebutuhan desa. Panduannya ada di Pengaturan Aplikasi.
  • Pengguna, untuk mengelola daftar pengguna yang dapat mengakses Komponen Administrasi. Panduannya ada di Pengaturan Pengguna.
  • Database, yang berisi berbagai fitur untuk mengatur data yang tersimpan di database OpenSID. Panduannya ada di Database.
  • Info Sistem, menampilkan informasi teknis mengenai server tempat OpenSID dijalankan. Informasi hanya dibutuhkan untuk membantu melacak sebab jika ada suatu masalah. info Sistem
  • QRCode, Modul QRCOde Generator ini untuk membuat file QRCode yang nanti bisa disisipkan dalam berbagai keperluan misalnya ke dalam Artikel atau Dokumen Surat dengan konten yg bersifat umum dan tidak berisi informasi penandatanganan dokumen. Panduannya ada di QRCode Generator.

Admin Web

Menu ini mengelompokkan modul terkait mengatur unsur Komponen Web termasuk mengelola materi yang ditampilkan. Terdiri dari:

  • Artikel, untuk mengelola artikel berita atau lainnya yang ditampilkan di Web. Panduannya ada di Artikel.
  • Widget, untuk mengelola widget yang ditampilkan di panel widget di Web. Panduannya ada di Widget.
  • Menu, untuk mengelola menu statis maupun menu dinamis (kategori artikel) yang ditampilkan di Web. Panduannya ada di Menu.
  • Komentar, untuk mengelola komentar yang ditulis oleh pengunjung pada artikel Web. Panduannya ada di Komentar.
  • Galeri, untuk mengelola album gambar yang ditampilkan di Web. Panduannya ada di Galeri.
  • Media Sosial, untuk mengelola penampilan tautan di widget media sosial. Panduannya ada di Media Sosial.
  • Slider, untuk mengatur gambar yang ditampilkan pada slider di Web. Panduannya ada di Slider.
  • Teks Berjalan, untuk mengatur teks berjalan yang akan ditampilkan pada website desa.Panduannya ada di Teks Berjalan.
  • Pengunjung, menampilkan grafik pengunjung website.Panduannya ada di Pengunjung.
  • Pengaturan, untuk mengatur tampilan seperti footer APBDes yang akan ditampikan di website.Panduannya ada di Pengaturan Halaman WEB.

Layanan Mandiri

Menu ini mengelompokkan modul terkait fitur Layanan Mandiri yang dapat diakses warga di Komponen Web. Terdiri dari:

  • Permohonan Surat, untuk menampilkan dan mengelola permohonan surat yang masuk melalui layanan mandiri. Panduannya ada di Permohonan Surat.
  • Kotak Pesan, untuk mengelola pesan yang dikirim oleh warga melalui Layanan Mandiri. Panduannya ada di Laporan Masuk.
  • Pendaftar Layanan Mandiri, untuk mengelola penduduk yang terdaftar sebagai pengguna Layanan Mandiri. Panduannya ada di Pendaftar Layanan Mandiri.

Share this post :