Pengelolaan Pengaturan Surat OpenSID

open sid

Daftar surat yang disediakan oleh OpenSID dapat dilihat di laman Pengaturan Surat. Pergi ke laman Pengaturan Surat, dengan men-klik Layanan Surat > Pengaturan Surat.

Surat berlatar-belakang putih adalah jenis surat sistem yang disediakan oleh rilis OpenSID. Surat jenis sistem tidak bisa dihapus. Jenis surat yang dibuat pengguna tampil dengan latar belakang oranye, dan bisa dihapus.

Menandai Surat Favorit

Supaya Manajemen Surat lebih efisien ada fasilitas di dalam OpenSID yang digunakan untuk menandai beberapa daftar surat menjadi surat favorit berdasarkan intensitas penggunaan daftar surat tersebut.

Untuk menjadikan surat favorit pergi ke laman Pengaturan Surat. Kemudian akan muncul daftar pilihan surat yang dan pilih surat yang ingin dijadikan surat favorit kemudian Klik pada icon Bintang.

Untuk hasilnya ada pada tab Cetak Surat

Aktif/non-aktifkan Surat

Untuk mengaktifkan/non-aktifkan Surat, pergi ke halaman Layanan Surat > Pengaturan Surat,

Tunggu beberapa saat, ikon gembok akan menjadi terkunci dan ikon bintang disebelahnya akan menghilang.

Kita cek efek dari non-aktif surat

[rb_related title=”You May Also Like” total=”2″]

Mengubah Data Surat

Untuk mengubah data surat (kode surat, judul surat), klik tombol seperti terlihat di gambar berikut. Setelah data diubah, klik Simpan untuk menyimpan perubahan tersebut.

tombol-ubah-suratTombol batal dan simpan untuk perubahan surat: 

Menghapus Surat

Surat bawaan sistem tidak bisa dihapus. Tapi surat yang ditambahkan desa dapat dihapus. Untuk menghapus surat, klik tombol seperti terlihat di gambar berikut. Setelah dikonfirmasi, surat tersebut akan terhapus.

tombol-hapus-suratKonfirmasi penghapusan surat:

Menambah Surat Baru

Apabila desa anda memerlukan jenis surat yang belum disediakan OpenSID, anda dapat menambah jenis surat baru dengan menekan tombol Tambah Format Surat.

Form Surat Baru

Form isian untuk surat baru akan ditampilkan.

Pilih Kode/Klasifikasi Surat dengan kode klasifikasi surat yang menjelaskan kategori surat tersebut untuk memudahkan pengarsipan.

Isi Nama Layanan dengan nama surat yang harus unik, yang belum dipergunakan di tabel Pengaturan Surat. Nama surat ini akan digunakan oleh sistem untuk menghasilkan url_surat yang nantinya dipakai untuk penamaan berkas yang berkaitan dengan surat tersebut (seperti berkas form isian, template cetak langsung dan template export doc).

Pilih apakah pemohon surat adalah warga desa atau penduduk dari luar desa. Pilihan ini akan menentukan template mana yang akan digunakan untuk berkas awal (form isian, template cetak langsung dan template export doc) untuk surat baru itu. Template untuk warga desa mengambil data dari data penduduk di database OpenSID, sedangkan template untuk non-warga mengambil semua data dari isian pengguna.

Klik Simpan untuk menyimpan surat baru itu. 

Menyesuaikan Surat Baru

Setelah disimpan, surat baru itu akan tampil di laman Cetak Surat, siap untuk di-klik.

Penambahan surat baru akan menghasilkan unsur-unsur surat yang diperlukan, yang semuanya disimpan bersama-sama di folder khusus untuk surat itu, di folder desa/surat. Nama subfolder itu sama dengan url_surat yang dijelaskan di atas. Unsur untuk suatu surat dijelaskan di Berbagi Surat.

Setiap unsur surat tersebut berisi contoh saja, dan perlu disesuaikan dengan isi dan penampilan yang diinginkan.

Untuk menyesuaikan template Cetak, ikuti Panduan Mengubah Template Surat Cetak. Template yang diubah ada di folder desa/surat/[url_surat] dengan nama file print_[url_surat].php. Untuk melakukan perubahan ini, dibutuhkan pengetahuan PHP, HTML dan CSS.

Untuk menyesuaikan template Export Doc, ikuti Panduan Mengubah Template Surat Export Doc. Template yang diubah ada di folder desa/surat/[url_surat] dengan nama file [url_surat].rtf.

Untuk menyesuaikan form isian surat, ubah file form isian yang ada di folder desa/surat/[url_surat] dengan nama file [url_surat].php. Untuk melakukan perubahan ini, dibutuhkan pengetahuan PHP, HTML dan CSS.

Mengatur Masa Berlaku Surat

Masa berlaku dapat ditentukan bagi setiap jenis surat dalam masa jumlah hari, minggu, bulan, atau tahun.

Login halaman Administrator, kemudian masuk Layanan SUrat -> Pengaturan Surat.

Pada halaman Pengaturan Format Surat Desa, bisa lakukan penyesuaian seperti Kode/Klasifikasi Surat, Nama Layanan Surat, Keterangan Pengantar, Disediakan pada Layanan Mandiri dan Masa Berlaku Default.

Menyediakan Surat Pada Layanan Mandiri

Untuk menyediakan suatu jenis surat yang dapat diminta warga melalui Layanan Mandiri, klik tombol Ya di pilihan Sediakan di Layanan Mandiri. Suatu jenis surat tidak otomatis siap digunakan di Layanan Mandiri. Surat yang akan disediakan untuk Layanan Mandiri perlu memenuhi beberapa syarat.

Keterangan lebih lanjut mengenai penyiapan surat Layanan Mandiri ada di Surat-Layanan-Mandiri.

Menampilkan Foto Penduduk di Cetakan Surat Keterangan.

Sekarang bisa ditentukan untuk menampilkan foto di surat keterangan atau tidak, namun baru 4 jenis surat yang tersedia di Fitur Premium yaitu:

  1. Surat Keterangan Catatan Kriminal.
  2. Surat Keterangan KTP dalam Proses.
  3. Surat Keterangan Penduduk.
  4. Surat Keterangan Pengantar.

Login halaman Administrator, kemudian masuk Layanan Surat -> Cetak Surat -> Pilih salah satu jenis surat di atas. Dan klik Ya atau Tidak pada pilihan “Tampilkan Foto Penduduk di Surat”. Seperti gambar di bawah ini.

2020-12-05_23h41_51

Share this post :